Manfaat Kamper (Kapur Barus) Bagi Kesehatan


Enlaista - Kamper atau yang juga dikenal dengan sebutan kapur barus mempunyai bentuk seperti halnya lilin putih yang padat yang didapat dari olahan kayu pohon kamper. Kulit serta kayu kamper yang memiliki nama ilmiah Cinnamomum camphora ini disuling guna mendapatlan ekstrak kristal dari pohon kamper yang mempunyai karakter aromatik. Namun sekarang ini, minyak terpentin adalah bahan utama pembuatan kamper. Pohon kamper disinyalir adalah merupakan tanaman asli yang berasal dari Jepang, Taiwan, dan Cina.

Pohon lain yang membuahkan kamper ialah Dryobalanops camphora, dengan kamper yang diekstrak dari pohon ini di kenal semacam kamper Kalimantan. Dibagian lain Asia, kamper beberapa didapat dari pohon camphor basil.

Kamper dengan gampang dikenali dari aromanya yang kuat serta dipakai untuk beragam jenis penyembuhan tradisional.


Faedah Penyembuhan Kamper

Kamper padat serta minyak kamper dapat dipakai untuk maksud penyembuhan. Minyak kamper mempunyai tiga varietas, di mana minyak kamper coklat serta kuning dikira beracun lantaran mempunyai tingkat tinggi safrol, yang disebut karsinogen mungkin.

Minyak kamper putih mempunyai kandungan safrol rendah hingga dengan cara luas dipakai untuk maksud penyembuhan. Kamper pada intinya di kenal mempunyai karakter anti-inflamasi, analgesik, obat penurun panas, ekspektoran, dekongestan, antimikroba, serta insektisida.

Inilah berbagai manfaat kesehatan kamper.


1. Meredakan Nyeri serta Gatal

Minyak kamper kerap dipakai untuk memudahkan nyeri otot serta sendi lantaran dampak analgesik yang dipunyainya.

Waktu dioles-oleskan pada kulit, minyak kamper pertama mendinginkan daerah yang terserang serta lalu menghangatkan dengan tingkatkan aliran darah.

Kamper pula merangsang ujung saraf perifer, yang pada gilirannya menolong kurangi rasa sakit serta gatal.

Minyak atau pasta kamper bisa dioles-oleskan untuk kurangi rasa sakit serta kekakuan sendi yang dikarenakan oleh osteoarthritis, rematik, keseleo, serta memar.

2. Melegakan Tenggorokan

Kamper efisien meredakan batuk serta melegakan tenggorokan lantaran karakter dekongestannya hingga jadi bahan yang umum dalam balsem gosok.

Kamper dapat digabung dengan minyak carrier untuk lalu dioles-oleskan pada dada serta hidung untuk melegakan hidung serta tenggorokan. Kecuali itu, kamper pula dipakai untuk menyembuhkan asma serta bronkitis.

3. Meredakan Permasalahan Kulit

Kecuali kurangi gatal serta iritasi kulit, kamper menolong menyembuhkan berbagai keadaan kulit umum seperti jerawat, kutil serta ruam.

Kamper pula berikan pertolongan sesaat pada eksim. Namun dalam periode panjang, kamper malah bikin kulit kering hingga jadi memperburuk eksim.

Kecuali itu, kamper tak bisa dipakai pada luka terbuka. Pada konsentrasi tinggi, kamper amat beracun serta dapat membahayakan kesehatan.

4. Menyembuhkan Infeksi Jamur Kuku

Kamper menolong menyembuhkan jamur kuku serta infeksi jamur pada kulit.

Anda bisa mencampurkan beberapa kecil kamper serta air serta memoleskan kombinasi pada daerah yang terserang.

Jalan lain, Anda dapat mencampurkannya dengan lemon, minyak kayu putih, serta menthol untuk menyembuhkan jamur kuku.

5. Pemakaian untuk Therapy Lainnya

Kamper di kenal merangsang system pencernaan serta tingkatkan pencernaan, dan merangsang peredaran darah serta system saraf.

Pemakaian internal kamper dikira tak aman. Akan tetapi, beberapa orang memakainya dengan cara internal untuk menyembuhkan keadaan seperti gas usus, batuk, neuralgia, kegelisahan, dan histeria.

Pemakaian internal kamper bisa mengakibatkan dampak samping serius, termasuk juga kematian.

6. Pemakaian Utama Lainnya

Kamper mempunyai manfaat lain, kecuali semacam obat tradisional. Baunya yang kuat bisa mengusir serangga serta ngengat.

Di negara seperti Cina serta Jepang, kamper dipakai untuk menyingkirkan cat minyak serta pernis.

Kamper dipakai juga semacam plasticizer untuk nitroselulosa, semacam kombinasi pada kembang api, serta pembalseman.

Kamper padat melepas uap yang membuat susunan pada logam serta menghindar logam dari karat.

Kamper menolong menyingkirkan keunggulan minyak dari kulit, hingga dimasukkan pada beragam buatan kecantikan seperti pencuci muka, masker, serta astringent.

Di beragam negara Asia, kamper dipakai semacam agen penyedap dalam permen, sedang orang Arab memakai bahan ini dalam hidangan manis serta gurih mereka.

Kamper yang dipakai untuk kepentingan memasak di beri label semacam ‘kamper yang bisa dimakan’.

Kamper tipe ini di kenal semacam kamper hijau atau mentah, serta dipakai dalam jumlah kecil untuk tingkatkan rasa pada permen serta makanan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar